Kenali Jenis Kulit Bayi Kita dan Gunakan Produk Perawatan Yang Tepat

12/15/2018


Waktu terasa cepat banget bergulir, Bil yang sepertinya baru kemarin saya lahirkan, sekarang udah dua bulan lebih aja usianya. Sudah banyak perkembangannya yang signifikan, so far semua normal dan sesuai seharusnya, Alhamdulillah. Anaknya tumbuh sehat dan ceria, beratnya sudah hampir enam kilo.

Tapi kali ini saya mau ceritain tentang kulitnya Bil yang sensitif banget, sama seperti kulit Alfath waktu bayi dulu. Dari awal kelahiran, kulitnya Bil seperti melepuh, banyak kulit mengelupas dan warna kulitnya pun seperti merah kehitaman. Warna merah yang bukan sekedar khas bayi baru lahir, tapi saya belum yakin penyebabnya apa, apakah karena efek alergi seperti Alfath dulu?.

Kondisi kulit Bil yang seperti itu membuat saya cukup hati-hati dalam pemilihan produk perawatannya, tentunya saya ingin memberikan yang terbaik tapi belum cukup referensi, waktu dulu Alfath pun sempet yang gonta ganti produk perawatan, hingga sempat saya mandikan tanpa sabun apapun, benar-benar hanya air saja untuk membersihkannya. Karena ada salah satu Brand yang ketika dipakaikan ke Alfath, kulitnya malah tambah kasar dan merah-merah.


Kebetulan hari Sabtu, tanggal 1 Desember lalu saya berkesempatan hadir di acaranya Mustela yang ada di Imbex (Indonesian Maternity Baby & Kids Expo) 2018 yang bertempat di JCC. Hadir disana Bapak Mochamad Nurhadi selaku Brand Manager Mustela, dan juga dr. Reisa Broto Asmoro yang juga seorang Publik Figur, menjelaskan mengenai jenis kulit bayi dan juga sharing tentang jenis kulit Baby Yoda, Putranya. Dari situ saya jadi tahu kalau kulit bayi itu ada tiga jenis dengan tanda yang berbeda, yaitu :
  1. Kulit Normal. Ciri-cirinya : Lembut, lembab, dan bersih
  2. Kulit Kering. Ciri-cirinya : kasar, bersisik, kadang terkelupas
  3. Kulit Atopic. Ciri-cirinya : sangat kering, gatal dan kadang ada bercak kemerahan
Saya jadi langsung mengamati kulitnya Baby Bil, awalnya saya langsung PD kalau jenis kulit Bil itu normal, dan kemerahannya diakibatkan karena tingkat sensitifnya yang masih tinggi. Apalagi kan kulit bayi memang mudah sekali mengalami iritasi dan kemerahan.


Dr. Reisa sempat menjelaskan kalau memang bayinya mempunyai kecenderungan alergi, terutama jika Orangtuanya ada yang mempunyai alergi, kemungkinan besar kulit bayinya akan mengalami dermatitis atopik. Tapi saat itu saya merasa tanda-tanda Atopik di kulitnya Alfath dulu tidak tampak ke kulit Bil, tidak ada kasar ataupun gatal, hanya kemerahan.

Pertanyaan demi pertanyaan mengenai permasalahan pada kulit bayi pun terus berdatangan dari para Moms yang hadir dan memenuhi acara tersebut, bergitu antusiasnya Mommies disana ingin mengetahui jenis kulit buah hatinya supaya tidak salah menangani dengan produk yang tidak tepat. Saya urung mengajukan pertanyaan karena sudah terwakili oleh salah satu Mom yang bertanya. Dan jawaban dr. Reisa atas pertanyaan Mom tersebut membuat saya kembali galau tentang jenis kulitnya Bil. Mungkin karena usia Bil masih sebulanan lebih jadi seperti masih sering berubah kulitnya.



Antusiasme Pengunjung di Talkshow dan Booth Mustela. Amaze!


Beberapa fakta mengenai kulit bayi yang harus kita ketahui :

  • Lapisan pelinding kulit bayi itu belum terbentuk secara sempurna
  • Kulit bayi memang cenderung kering, jadi jangan kaget kalau kulit bayi kita gak lembab seperti yang dibayangkan
  • Stem Cell (Kekayaan sel) kulit bayi sangat tinggi, dan cenderung menurun drastis di usianya 0-2 tahun karena faktor yang datang dari luar
  • Setiap bayi terlahir dengan jenis kulit yang berbeda. Kita sebaiknya mencari tahu ya Moms apa jenis kulit bayi kita supaya tahu produk terbaik yang tepat untuk merawatnya

Apa jenis kulit Baby Bil yang sebenarnya?

Setelah sebelumnya saya PD bahwa kulitnya Bil itu berjenis normal, akhirnya saya meyakini bahwa sebenarnya Bil berkulit Atopik. Saya yakin setelah beberapa minggu belakangan ini Bil sering banget kayak ngacak-ngacak wajahnya pakai tangan, gak jarang saya temuin kulit wajah dan kepalanya berdarah bekas cakaran tangannya sendiri, padahal kukunya pendek lho.


Setelah saya amati seharian, sepertinya Bil merasakan gatal di sekitar wajahnya, kulitnya semakin kemerahan dan menjadi kasar padahal sebelumnya sempat mulus lembut. Saya juga sempat curiga itu karena sering kena tangannya Alfath yang gak bisa nahan gemes pengen nyiumin Bil sambil cubit-cubit pipinya Bil, tangannya Alfath kan gak selalu bersih.

Akhirnya daripada menduga-duga saya konsultasi dengan DSA aja sekalian Imunisasi. Gak perlu pikir panjang untuk dokter menganalisa dan menyatakan kalau kulitnya Bil ini Dermatitis Atopik. Itu terlihat dari tingkat kekeringan dan gatal-gatal di area wajahnya Bil, dan karena memang Bil mempunyai kecenderungan alergi sama seperti Kakaknya dulu.

Dokter pun kemudian memberikan resep salep untuk gatalnya, dan berpesan supaya saya gak salah memilih produk perawatan kulit untuk Bil. Salah satu Brand yang disarankan adalah Mustela, wah pas banget.

Kelebihan & Manfaat Mustela


Mustela menjadi produk perawatan kulit bayi yang direkomendasikan para dokter pastinya bukan sebab, Mustela ini mempunyai banyak manfaat dan semua variannya mengandung bahan aktif alami yaitu Avocado Perseose yang berasal dari buah alpukat khusus yang adanya di Peru & Afrika Selatan. Selain itu Mustela memiliki sifat biomimetic (struktur serupa dengan kulit bayi).

Nah Avocado Perseose tersebut sudah dipatenkan oleh Mustela lho Moms untuk digunakan pada semua rangkaian Produk Mustela Bebe. Kalau Moms masih bingung produk Mustela yang sesuai dengan jenis kulit bayinya Moms, saya kasih gambaran ya Moms.



Produk Mustela untuk perawatan jenis kulit normal (menjaga kelembutan & kelembaban kulit bayi)
  • Hydra Bebe Body Lotion
  • Soothing Chest Rub
  • Hydra bebe Facial Cream
  • Massage Oil
Produk Mustela untuk perlengkapan mandi jenis kulit normal
  • 2 in 1 Cleansing Gel
  • Muti-sensory bubble bath
  • Foam shampoo for Newborn
  • Gentle Cleansing Gel
  • Gentle Shampoo

Produk Mustela untuk perawatan jenis kulit kering (menghaluskan & melembabkan kulit bayi)
  • Nourishing cream with cold cream
  • Nourishing lotion with cold cream
Produk Mustela untuk perlengkapan mandi jenis kulit kering
  • Gentle soap with Cold Cream
  • Nourishing cleansing gel with cold cream

Produk Mustela untuk perawatan jenis kulit Atopik (mengembalikan kondisi kulit bayi agar kembali sehat)
  • Stelatopia Emollient balm
  • Stelatopia Emollient cream
Produk Mustela untuk perlengkapan mandi jenis kulit Atopik
  • Stelatopia Cleansing Cream
  • Stelatopia Milky bath oil

Kutahu Produk perawatan yang tepat untuk jenis kulit Anakku

Mengenal Mustela yang merupakan Mother and Baby Skincare No. 1 di Prancis Eropa ini pastinya membuat saya lega sebagai Mama dari 2 Anak dengan kulit sensitif dan kecenderungan Atopik saat mereka lahir. Saya pun mulai merawat kulitnya Bil dengan Mustela yang mempunyai misi untuk melindungi dan menguatkan kulit bayi, menjaga kelembaban kulit bayi, dan menjaga kekayaan sel kulit bayi (protect baby skin today for tomorrow).


Karena jenis kulitnya Bil Atopik, Mustela yang tepat adalah yang Stelatopia. Tapi karena saya sudah terlanjur punya serangkaian produk Mustela untuk jenis kulit normal, maka saya pakaikan juga ke Bil, dan ternyata setelah lebih dari seminggu kemerahan di wajahnya Bil berkurang, bagian yang kasarnya juga mula lembab lagi. Masih PR sedikit lagi karena sepertinya Bil masih suka gatal, jadi gak sabar untuk beli Mustela Stelatopia untuk Bil. Kalau melihat perubahannya selama hampir dua minggu ini, saya jadi optimis. Do'akan ya Aunty Uncle-nya Bil semua supaya kulitnya Bil sehat, lembab dan lembut lagi supaya Bil makin ganteng.

XOXO

Ohya, saya suka banget deh dengan massage oil-nya Mustela Bebe, sekarang kalau pijat Bil pakai ini aja. Produknya aman, tidak mengandung alkohol, hypoallergenic and clinically tested.


Rangkaian produk Mustela Baby and Child sudah bisa Moms dapatkan di Mothercare, Guardian, Viva Generic, Century, Watsons, Baby Shop terdekat, Orami.com dan JD.ID ya Moms.

Atau kunjungi juga website dan akun-akun media sosialnya Mustela, klik aja link dibawah ini.
  • Website                  : www.mustela.co.id
  • Instagram               : @mustelaindonesia
  • Facebook                : Mustela Indonesia
Jadi Moms, aku tahu jenis kulit bayiku, bagaimana denganmu? #ApaJenisKulitBayimu ?
Jangan lupa pakai Produk Mustela sesuai dengan jenis kulit bayi Moms semua ya.



You Might Also Like

0 komentar

Selamat datang di Rumah Hani dan Randi, ada Alfath juga lho sekarang. Silahkan menikmati rumah kami, dan jangan lupa meninggalkan jejak yaa.. Terimakasih :))

Followers

Follow Me

Like us on Facebook

Subscribe