SS Waterpark TMII (Berasa Liburan di Disneyland)

8/02/2018


Hai Happy Family

Liburan kemana weekend iniiii?
Bumil masih semangat lho kalau diajakin liburan, haha mumpung masih sanggup walau ngos-ngosan. LOL

Kali ini mau sharing tentang liburan keluarga kami ke TMII weekend kemarin. Liburan kesana selalu menyenangkan dan gak ada bosennya bagi kami, karena disana banyak wahana bermainnya. Selain itu nilai edukasinya cocok untuk anak-anak dan bahkan untuk kita para dewasa. Banyak Anjungan dan Museum yang bisa didatangi satu-satu, so yeaah TMII masih jadi salah satu destinasi favorit kami sih untuk liburan singkat di Ibukota yang juga gak bikin kantong jadi sedih ya alias hemat.

Liburan kesana sebaiknya memang direncanakan terlebih dulu tujuannya mau kemana aja, seperti yang kita tahu bahwa TMII itu sangat luas, kalau seharian dipakai untuk menjelajahi semua area rasanya gak akan cukup waktu, selain itu kitanya juga gak akan puas, yang ada capek duluan.


Saya sendiri biasanya bikin itinerary khusus, supaya menghemat waktu dan kita sudah tahu dari awal mau mengunjungi lokasi mana saja. Sebelumnya, saya pernah ajak Alfath ke beberapa Museum dan Taman Legenda. Selain itu, Alfath juga betah berlama-lama kalau diajak main di Istana Anak karena disana ada taman bermain yang ada keretanya. Alfath ini salah satu Penggemar kereta memang. 

Eh tapi, sudah pada tahu belum kalau di area Istana Anak tersebut sekarang ada Waterpark yang pastinya akan membuat betah anak-anak bermain air? Iyaa disana ada Taman Airnya, namanya SS WATERPARK.

Yang belum tahu dan penasaran, intip yuk keseruan kami selama disana!

SS Waterpark, Kami Dataaang!
Kami sengaja berangkat pagi-pagi dari rumah, karena rencananya kami ingin sampai di TMII sebelum jam 10. Tahu sendiri ya Jakarta dipastikan selalu macet (kecuali saat moment lebaran), jadi kami gak mau kehabisan waktu main karena terjebak macet. Alfath sudah disiapkan dari sehari sebelumnya supaya dia gak tidur kemalaman dan bisa bangun lebih pagi.

Paginya setelah persiapan yang cukup riweuh, sekitar jam delapan, kami semua berangkaaaaat. Yeayyy! Jam setengah sepuluh kami sampai di lokasi dan kami bertemu dengan teman-teman saya sesama Blogger beserta Keluarga masing-masing, wah tambah ramai tambah seruuuu.


Kami beramai-ramai langsung menuju lokasi pertama yaitu SS Waterpark. Disana kami bertemu dan mendapatkan banyak sekali informasi mengenai Taman Air ini langsung dari Manajer Operasionalnya, dan setelah itu kami sibuk dan seseruan masing-masing alias berpencar menikmati keseruan bermain air.

Sejarah SS WaterPark, Taman Air Yang Akan Menyedot Perhatian Anak-Anak Indonesia
Yess, kira-kira itulah yang saya pikirkan saat pertama kali melihat kolam renang anak di SS Waterpark ini. Saya melihat ekspresi Alfath yang sumringah dan seperti gak sabar ingin segera nyebur, saya rasa itu jugalah yang dirasakan anak-anak lain disana.

SS Waterpark berada tepat di dalam area Istana Anak TMII. Jadi, bagi yang belum pernah kesana dan baru berencana untuk kesana, patokannya adalah Istana Anak. Untuk masuk ke SS Waterpark, kita harus bayar tiket masuk Istana Anak dulu sebesar Rp. 10.000,- setelah itu baru bayar lagi untuk masuk ke SS Waterpark-nya.


Tiket masuk ke SS Waterpark-nya sendiri adalah :
Weekdays : Rp. 20.000,-
Weekend : Rp. 25.000,-

Eits jangan protes dulu ya karena harus bayar double, dengan segala fasilitas disana rasanya masih wajar sih bahkan relatif murah menurut saya. Mengapa saya berpikir akan ada yang protes? karena beberapa Pengunjung sudah pernah ke Waterpark di Istana Anak sebelumnya dengan harga tiket sebesar Rp. 15.000,- saja.

Dan mengapa saya bilang untuk jangan protes dulu? karenaaa, SS Waterpark yang sekarang bukanlah Waterpark yang dulu. Lho, maksudnya?

Iyaaa, jadi ternyata sebagian Orang sebelumnya gak tahu atau "gak ngeuh" kalau di dalam area Istana Anak itu ada waterpark-nya, dikarenakan saat itu lokasinya tertutup dan agak nyelip gitu. Tahun lalu, saat Keluarga kami main ke Istana Anak dan naik Kereta mini disana, kami melihat ada Patung Kura-Kura besar banget yang ternyata itu pintu masuk kolam renang, tapi karena kurang jelas membuat kami benar-benar gak kepikiran kalau disana ada kolam renangnya, haha. Dan yaa, mungkin hal itu juga yang dipikirkan orang kebanyakan.

Nama SS Waterpark sendiri mengundang tanya di bagian "SS"nya ya, banyak yang penasaran apa artinya atau adakah singkatan dari "SS" itu? ternyata memang singkatan, berasal dari "Sendang Sejodo" yang sekilas artinya adalah Pemandian untuk Pasangan (Sejodo), tapi karena konsep Taman Air ini benar-benar diperuntukkan untuk Anak kecil, rasanya kok kurang pas ya kalau namanya ada "sejodo-sejodo"nya.

Akhirnya, tanpa berniat untuk menghilangkan dua kata itu, pihak Manajemen lebih memilih untuk mempersingkat namanya menjadi "SS" aja, lumayan mudah diingat baik oleh anak-anak ataupun dewasa. Nah, jadilah namanya SS Waterpark.

Wajah Baru dan Perubahan SS Waterpark
Akhir 2017 tahun kemarin, akhirnya Kolam renang tersebut diambil alih oleh salah satu Perusahaan Swasta yaitu PT. Asia Mulla Perkasa dan akhirnya merenovasinya dengan konsep yang lebih baru. Soft Opening dilaksanakan di bulan April bertepatan dengan moment ultahnya TMII. Mas Erwin Nasution selaku Operational Manager cerita Soft Opening tersebut memang kurang maksimal dikarenakan mengejar moment spesialnya TMII, tapi dengan semua Effort, patut diacungi jempol lah ya.

Apalagi nih ya, menurut perhitungan pihak SS Waterpark, di Moment Lebaran Idul Fitri kemarin yang juga dijadikan ajang launching utama disana, Pengunjung yang hadir mencapai hingga 3.000 orang, wow. Manajemen SS Waterpark semakin semangat untuk terus melakukan perubahan dan perbaikan demi kenyamanan Pengunjung.


Beberapa perubahan yang terjadi adalah pembaharuan keramik yang direnovasi, wahana juga ditambah hingga semakin ramah anak. Selain itu, fasilitas seperti Mushola, toilet, kamar bilas, dan lainnya yang diperbaiki sehingga keamanannya juga ditingkatkan.

Tersedia juga Gazebo yang bisa kita sewa hanya dengan tarif Rp. 50.000,- dengan waktu pemakaian sepuasnya atau seharian. Ohya, jangan khawatir gadget yang dibawa akan lowbat karena di Gazebo tersebut tersedia colokan untuk charging, juga Wifi yang bisa kita nikmati.



Diperhatikan secara sepintas saja saya bisa melihat konsep yang ditawarkan disana, yaitu nuansa laut yang bisa membuat anak-anak senang sepanjang bermain air dengan memanfaatkan berbagai replika laut seperti perahu-perahuan yang ada perosotannya, dan sentuhan laut lainnya yang bikin anak-anak merasa sedang berpetualang bajak laut, seruuuu.


Pokoknya keluarga kami happy banget, saya yang sedang hamil besar pun gak merasa bosan atau jenuh karena asik main air dan foto-foto dengan berbagai view background yang kece abis, kalau menurut teman-teman saya yang komen di postingan foto saya saat berada di SS Waterpark, katanya kayak berasa di Disney atau luar negeri lho, haha. Intipin deh ke akun Instagram saya @kacamata_hani kalau gak percaya, wkwkwk.

Tapi memang benar sih, salah satu kelebihan dari SS Waterpark ini adalah View yang menghadap langsung ke Istana Anak yang seperti kita tahu bahwa bangunannya itu jadi spot favorit untuk jadi background foto, berasa ada di Negeri Dongeng gitu kan, haha.

Jadi, dengan tarif tiket yang ada saat ini, kami rasa itu masih wajar dan bahkan cukup murah jika dibandingkan dengan Waterpark lainnya yang ada di Jabodetabek.

SS Waterpark Berbeda Dengan Snowbay
Nah, semenjak saya posting foto-foto saya selama di SS Waterpark ke Medsos, ada beberapa yang penasaran apakah SS Waterpark ini sama dengan Snowbay yang lokasinya berada di TMII juga?

Jawabannya adalah tidak, alias berbeda.

Gak heran memang kalau ada yang bertanya seperti itu, Randi juga sempet ngajuin pertanyaan yang sama waktu saya ngajakin ke SS Waterpark. Beberapa perbedaannya adalah dari segi manajemen Pengelola, SS Waterpark berada diluar naungan TMII. Kemudian konsep dan segmentasi pasarnya juga berbeda. SS Waterpark lebih menawarkan taman air yang dirancang khusus untuk dapat dinikmati anak-anak.


Kolam renangnya ada dua dengan kedalaman yang disesuaikan dengan tinggi anak juga yaitu 20Cm dan 90Cm, jadi cukup aman ya untuk para bocah main air dan berenang disana. Tentu saja tetap harus diawasi oleh Orangtua atau Keluarga masing-masing ya jangan sampai dilepas gitu aja para buah hatinya. Selain itu, ada 3 (tiga) Orang Life Guard disana yang akan bantu untuk menjaga keamanan para Pengunjung.

Tiket Beli Online dan Bisa Datang Rombongan
Mas Erwin juga menjelaskan jika Anak-anak Sekolah bisa datang rombongan ke SS Waterpark ini lho, minimal 30 Orang, biasanya akan ada diskon sebesar 10% jadinya lebih hemat ya. Apalagiii kalau beli tiketnya dari layanan Online seperti di Lakupon, Groupon, dan Traveloka. Beli tiket SS Waterpark secara online bisa jauh lebih hemat dan bisa langsung beli buat beberapa orang sekaligus. Makin banyakan hitungannya makin hemat, lumayan kaaan terutama karena tiketnya berlaku untuk All Day gak cuma buat Weekdays atau Weekend.


Erwin Nasution (Operational Manager)
Harapan SS Waterpark kedepannya
Karena saat ini SS Waterpark masih berada di area Istana Anak, maka mau tidak mau Pengunjung harus membayar tiket ke Istana Anaknya dulu sebelum nanti bayar tiket masuk ke kolam. Harapannya semoga, pihak Manajemen disana dapat segera merealisasikan akses masuk khusus yang langsung mengarah ke Kolam, tentunya karena tidak semua Pengunjung ingin melintasi area Istana Anak dulu kan ya sebelum main-main air, pasti banyak yang dari awal datang memang bertujuan ingin main air.

Selain itu, kedepannya semoga bisa segera direalisasikan juga rencana pengadaan tiket bundling antara SS Waterpark dengan Kereta Api Mini, jadi kita bisa beli satu tiket untuk dua wahana itu sekaligus, nanti sifatnya ya simbiosis mutualis gitu. Kita bisa naik kereta menuju Waterpark, begitupun saat akan pulang, supaya memudahkan Pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi.

Kereta Api Mini? Ada ya?

Ada! Itu adalah wahana lainnya yang satu manajemen dengan SS Waterpark. Akan saya bahas lebih detail di Postingan selanjutnya ya mengingat disini udah kepanjangan, haha. Yang pasti, anak-anak akan suka banget naik kereta api mini ini.

Dan tips dari saya, sebelum tiket bundling itu ada, sebaiknya teman-teman yang akan ke SS Waterpark datang agak pagi supaya bisa menikmati suasana di Istana Anaknya terlebih dahulu, kan sayang udah bayar tiket tapi cuma buat "numpang lewat" menuju SS Waterpark ya kan, haha.


Saya sendiri termasuk yang betah banget sih berada di area Istana Anak, banyak spot foto kece yang bisa dinikmati, selain nyari Souvenir lucu tentunya. Alfath juga betah disana karena mainan/wahana anaknya yang banyak.

Setelah siang agak sore, atau setelah Istirahat sekalian Sholat Dzuhur, baru deh masuk kolam renang, puas-puasin hingga sore menjelang magrib. Ohya jam buka SS Waterpark ini di hari biasa adalah jam 09.00 - 17.00 WIB, sedangkan kalau di akhir pekan jam 08.00 - 18.00 WIB.

Happy dan Mau Banget Kesana Lagi
Pulang berenang di SS Waterpark, Alfath sumringah sekali walau terlihat capeknya karena bablas gak bobo siang, apalagi karena setelah berenang kami menikmati berkeliling TMII dengan Kereta Api Mini.


So pasti kami akan kembali kesana karena selain lokasi gak terlalu jauh, harga tiket dan keseruannya juga bikin happy. Teman-teman yang weekend nanti belum ada rencana main kemana, SS Waterpark bisa jadi pilihan.

Well, makasih ya udah baca postingan ini, next saya akan cerita tentang Kereta Api Mini-nya. See ya' Happy Fams! Be Happy Be Healthy!

Btw Jangan lupa follow IG 
@SSWaterpark
@Keretapimini

Daaan tunggu VLOG keseruan kami disana juga ya di Channel Youtube www.youtube.com/kacamatahani

Love,
The Sudarmaji


You Might Also Like

17 komentar

  1. Wah kebetulan nih rumah kontrakanku dekat TMII dan para keponakan weekend ini mau pada kesini, kuajak ke istana anak dan SS waterpark aja, baru tahu dalemnya istana anak ada keretanya juga, soalnya ke TMII baru muterin dan masuk ke beberapa rumah adatnya aja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas bangeet, boyong semua ke SS Waterpark TMII aja Mba, seru banget disana pasti pada suka deh :))

      Hapus
  2. Terakhir ke Istana anak kayaknya sekitar 3-4 tahun yang lalu waktu antar Nai ke ikut lomba. Di sana memang ada kolam renang, tetapi biasa banget dan cenderung sepi. Ternyata, sekarang suda direnovasi jadi bagus, ya. Semoga setelah ini jadi ramai waterparknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya dulu bahkan pada ngga "ngeuh" ya kalau disana ada Kolam Renangnya, taunya cuma Snowbay. SS Waterpark ini kemarin cukup rame, kayaknya kedepannya akan semakin banyak Pengunjungnya terutama rombongan Anak Sekolah.

      Hapus
  3. Nah iya itu ya penting jadi perhatian management ya gimana yang mau berenang aja bisa langsung akses tanpa lewati istana anak-anak. Karena bayar jadi dobel2. hahaha

    BalasHapus
  4. Oh ini di dalem istana anaknya ya, aku pernah ke istana anak waktu perpisahan TK kifah, tapi ga tau kalo ada water parknya. Bagus jd ada pemandangan istana anaknya yaa.

    BalasHapus
  5. Jadi ini per orang 30 ribu ya blm tiket masuk ke TMII nya hehe... tapi masih lebih murah sih kan dapat 2 hiburan.

    BalasHapus
  6. Kukira SS Waterpark ini bagian dari Snowbay, ternyata beda ya. Asik banget kalau memang ada di Istana Anak-anak, mereka bakal puas berada di sana. Murah juga tiketnya

    BalasHapus
  7. EH ya skarang udah bagus banget ya mba. Pas bulan Mei aku ke sana ama adik dan keluarga dan kayaknya belum sekece skarang. Mau ah kapan kapan kesana karena lebih terjangkau dari rumahku juga

    BalasHapus
  8. Ini mah tempat wajib anakku berenang Mba hahaha. Secara rmh aku dkt bgt sama TMII dan harga tiketnya terjangkau. Kebersihannya pun mayanlah. Cuman klo pas lagi rame, susah dpt tempat ngadem yg nyaman.

    BalasHapus
  9. Aku belom pernah ke Istana Anak, huhu, tapi sering denger kalau adanya di TMII. Aku penasaran sm SS nya, ternyata toh... Hehe, pankapan boleh juga dicoba, HTM nya masih terjangkau menurutku, recomended ya

    BalasHapus
  10. Woow, jadi bayang-bayangin Disneyland, heuheu.
    Keren ya, harga tiket terjangkau, tapi fasilitas bagus dan pas buat keluarga.
    Istana anak kurang pas, istana keluarga kali ya, hehehehe

    BalasHapus
  11. Baru tau mba, selama ini taunya hanya snowbay. Sekarang ada tempat baru jd bs pergi sama keluarga

    BalasHapus
  12. Naaah, pertanyaan aku akhirnya terjawab. Jadi ini beda yaa sama Snowbay. Jujur aku nggak terlalu minat ke Snowbay karena merasa anak-anak belum bisa diajak ke situ. Yang ada nanti malah nggak bisa menikmati. Kalau SS Waterpark ini baru deh pas ya mbak buat anak-anak. Semoga cepat dibuat akses khusus untuk masuk ke area waterparknya yaa (emak nggak mau rugi, hihihi).

    BalasHapus
  13. Seru banget ya main di water Park. Moga suatu saat bisa main di sana. Makasih ulasannya mbak Hani

    BalasHapus
  14. Anakku Pijar nih yang paling mania waterpark,bisa ga mau pulang-pulang

    BalasHapus
  15. Oooh AS itu singkatan dari Sendang Sejodo? Waaah aku juga baru tau nih di balik Istana Anak2 ternyata ada water park nya hahaha... jadi bayarnya 2 ya dobel gitu. Buat anak2 TK SD pas nih. Kalau abg kayaknya ga ya, mb Hani? Seru juga. Boleh lah kpn2 ajak anak2ku ke SS ��tq infonya.

    BalasHapus

Selamat datang di Rumah Hani dan Randi, ada Alfath juga lho sekarang. Silahkan menikmati rumah kami, dan jangan lupa meninggalkan jejak yaa.. Terimakasih :))

Followers

Follow Me

Like us on Facebook

Subscribe