Jelajah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dengan Naik Kereta Api Mini

8/12/2018


Haloo Happy Fams!

Melanjutkan postingan sebelumnya tentang liburan ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII), tepatnya ke SS Waterpark, kali ini saya akan cerita tentang wahana yang pasti disukai juga oleh Keluarga, gak cuma anak-anak.

Baca juga : SS Waterpark TMII (Berasa Liburan di Disneyland)

Mengapa? Karena wahana ini akan mengajak kita berkeliling TMII selama kurang lebih 30 menit, yang pastinya puas banget. Kali ini saya dan Teman-teman Blogger lainnya masih ditemani oleh Mas Erwin Nasution dan Mba Vivi selaku Operational Manager dan Marketing Officer dari SS Waterpark dan Kereta Api Mini di TMII.


Kereta Api Mini
Yess, nama wahananya adalah "Kereta Api Mini". Dari namanya aja udah ketahuan ya kalau kita akan diajakin buat keretaan, haha. Yang membuat betah karena keseruan berkereta dirasakan dalam kurun waktu yang lumayan lama menurut saya. Awalnya sih saya diberitahu oleh Mba Vivi dan Mas Erwin bahwa durasi keliling sekitar 30 menit. Kenyataannya lebih lho, sekitar 45 menit kayaknya, apa karena kebetulan ya saat itu soalnya weekend dan TMII sedang rame sekali dengan berbagai event, yang membuat kereta sempat mengalami "kemacetan" saat akan menyebrang. Yang pasti itu seru banget bagi kami.

Wahana ini sangat tepat kalau kita ingin boyong satu keluarga plus Ponakan-Ponakan untuk lebih mengenal apa aja yang ada di dalam Kawasan TMII. Saya pribadi keliling berulang kali juga gak bosan, malah betah karena bisa sambil lurusin kaki dan istirahat, haha, maklum Ibu Hamil ya.



Sebenarnya, Kereta Api Mini ini juga merupakan salah satu Wahana yang sebelumnya sudah ada. Sama seperti SS Waterpark yang saya jelaskan di Postingan sebelumnya, Kereta Api Mini juga mengalami perpindahan Manajemen ke Perusahaan Swasta yaitu PT. Polindo Jasa Utama hingga terjadi beberapa pembaharuan signifikan yang menjadikannya berbeda dari Kereta Api Mini sebelumnya.

Perbedaan Kereta Api Mini Sekarang dan Dulu
Yang jelas terlihat perubahannya adalah Stasiun yang direnovasi menjadi jauh lebih besar dari Stasiun sebelumnya. Desain Stasiunnya seperti menyerupai Stasiun Kereta/Commuter Line sebenarnya hanya saja ini versi mininya. Ada beberapa loket yang siap melayani setiap calon Penumpang kereta dengan ramah, dimana nantinya kita sebagai Pembeli tiket harus membayar kartu deposit seperti yang kita lakukan di Stasiun kereta sebenarnya sebagai kartu jaminan yang bisa dikembalikan setelah selesai keretaan dan nantinya uang deposit tersebut dapat kita ambil kembali.



Bagusnya menurut saya, ini seperti kita memberikan gambaran kepada anak-anak kita tentang tata cara naik kereta/Commuter Line, yang berbeda hanya suasana Stasiun dan jenis keretanya yang disesuaikan khas Anak-Anak yang penuh warna, seperti tempat menunggu kereta, Peron untuk naik dan turun kereta, hingga backsound lagu Anak-anak yang ceria yang akan kita dengar sepanjang berada di Stasiun Kereta Api Mini. Wah, seru kan ya jadi gak khawatir Alfath bosan menunggu kereta, Mama Papa siasati aja dengan ajakin dia nyanyi-nyanyi dulu.

Tapi apakah para Penumpang Kereta Api Mini ini harus Anak-Anak? tentu tidaak, kita pun para dewasa bisa ikut menikmatinya dooong, yeayyy. Yang berbeda adalah, sebelum keretanya jalan akan ada kru dari Kereta Api Mini yang membagikan "Balon Kereta Api Mini" khusus untuk Anak-anak, tapi yang udah dewasa (baca : tua) gak dikasih jadi jangan iri yaaa, haha. *yakali iri* LOL



Teruuuus, perbedaan lainnya adalah Lokomotif dan gerbongnya yang menjadi lebih terbuka, dan itu memungkinkan setiap Penumpang bisa dengan leluasa melihat pemandangan sekitar atau apapun yang dilewati nantinya. Ya ampun ini sih bagian yang full of fun, full of joy, karena sepanjang perjalanan kami disuguhkan dengan pemandangan di area TMII yang sebagiannya sudah pernah saya jelajahi tapi sebagiannya lagi belum pernah, jadi itu juga menjadi moment kami lebih mengenal seperti apa "dalamannya" TMII.

Alfath tampak amaze saat kami melintasi Taman Legenda dengan Kincir Raksasanya, Alfath bilang "itu Taman Dino Mah", haha. Karena yang membekas di ingatan Alfath tentang Taman  Legenda adalah Petualangan Dinosaurus-nya. Selain itu, kami juga bisa mengingatkan Alfath lagi tentang bangunan/rumah adat sesuai Provinsi yang dilewati. Setidaknya ada gambaran di ingatannya Alfath betapa kaya Indonesia ini dengan segala keaneka ragamannya.  Walaupun Mama Papa belum bisa ajakin Alfath liburan ke berbagai Provinsi tapi siapa tahu kelak justru Alfath-lah yang mempunyai kesempatan lebih luas mengelilingi Indonesia sebelum dapat menjelajahi bagian bumi lainnya di luar Tanah Air tercinta. Amiiin.

Kartu Deposit dan Tiket Online Kereta Api Mini
Ohya, seperti yang dijelaskan diatas tentang kartu deposit, nah memang saat membeli tiket untuk pertama kalinya, selain membayar tiketnya kita juga harus membayar untuk kartu deposit, tujuannya adalah sebagai kartu jaminan, sama seperti saat kita membeli tiket kereta/Commuter Line.

Enam jenis Kartu Deposit yang sudah rilis, keren semua ya :)
Harga Tiket :
Weekdays : Rp. 20.000
Weekend : Rp. 25.000
Kartu Deposit : Rp. 10.000

Kartu Deposit tersebut bisa kita kembalikan saat sudah selesai naik kereta dan kembali ke Stasiun, dan uang jaminan sebesar Rp. 10.000 juga akan dikembalikan ke kita. Tapi, ternyata kita diperbolehkan lho kalau-kalau ingin menyimpan Kartu Depositnya, in case ingin kembali naik Kereta Api Mini dalam waktu dekat, pokoknya selama belum kadaluarsa atau kurang lebih selama satu tahun, makan Kartu Deposit masih akan berlaku.


Banyak juga ternyata yang mengoleksi Kartu Depositnya yang mempunyai berbagai tema yang lucu-lucu. So far, sudah ada 6 (enam) edisi kartu seperti yang bisa teman-teman dalam foto.

Sama hal-nya seperti di SS Waterpark, kita juga dapat membeli tiket Kereta Api Mini ini secara Online di Lakupon, Groupon, dan Traveloka. Pembelian tiket online lebih hemat dengan adanya diskon lebih dari 20% yang berlaku All Day (Weekdays dan Weekend).

Untuk yang akan datang rombongan, baik Anak Sekolah atau Umum, bisa membeli tiket minimal untuk 30 Orang dan akan mendapatkan diskon sebesar 10%.

Rencana Pembangunan Shelter Tambahan
Saat ini, Kereta Api Mini di TMII mempunyai 2 (dua) Shelter, namun kedepannya akan kembali dibangun sebanyak 4 (empat) Shelter yang tentunya akan lebih memudahkan kita saat menjelajahi TMII. Nanti kita bisa lebih leluasa jalan-jalan tanpa harus bawa kendaraan, tinggai naik turun kereta saja di lokasi yang kita inginkan.

Mas Erwin Nasution (Operational Manager) saat sedang menjelaskan tentang Kartu Deposit
Jadi ingat delapan tahun silam waktu pertama kalinya benar-benar jalan kaki menjelajahi TMII, belum dapat setengahnya udah lemes duluan karena capek, dan berakhir dengan sewa sepeda, haha. Kalau sekarang bisa lebih seru dan lumayan menghemat tenaga dan waktu dengan adanya Kereta Api Mini ini.

Kami sempat transit juga di Depo, dan melihat ada beberapa gerbong kereta yang sepertinya sedang dalam tahap perbaikan. Banyak juga Penumpang yang naik atau turun disana. Semoga pembangunan Shelter tambahan segera terealisasi dengan baik ya, kida do'akan bersama.


Oma Alfath - Alfath - Mama Papa Alfath - happy semuaaaa yeayyy
Menurut Mas Erwin Nasution, saat ini tersedia satu Lokomotif besar yang terdiri dari 4 (empat gerbong yang mampu mengangkut sekitar 120 Orang Penumpang, dan satu Lokomotif kecil yang terdiri dari 2 (dua) gerbong yang dapat mengangkut sekitar 60 Orang Penumpang.

Di dalam Stasiun kita juga dapat menemukan area makanan yang bisa kita beli kalau-kalau mulai kelaparan dan lupa bawa bekal. Pastikan liburan Keluarga kita aman dengan perut yang tetap terisi ya, supaya tidak masuk angin juga.



Waaak, seru banget pengelaman pertama Keluarga kami menjelajahi TMII dengan naik Kereta Api Mini. Tentunya petualangan kami tidak akan berhenti sampai disitu saja karena masih banyak yang ingin kami tunjukkan ke Alfath hal-hal seru dan edukatif yang tersedia di TMII. Apalagi dengan adanya Kereta Api Mini ini ya, semakin mudah dan fleksibel walau kunjungan kami selanjutnya bisa jadi sudah bawa-bawa Adik Bayinya Alfath yang akan lahir sekitar dua bulan lagi, yeayy. Bismillah.

So, happy weekend, happy holiday happy Fams! Sampai jumpa di cerita #JalanJalanHaniRandi and Krucils selanjutnya yaaa.

Dan jangan lupa buat follow IG :
@SSWaterpark
@Keretapimini

Love,
The Sudarmaji.

You Might Also Like

0 komentar

Selamat datang di Rumah Hani dan Randi, ada Alfath juga lho sekarang. Silahkan menikmati rumah kami, dan jangan lupa meninggalkan jejak yaa.. Terimakasih :))

Followers

Follow Me

Like us on Facebook

Subscribe