Mengapresiasi Anak Untuk Bekal Percaya Diri di Masa Depannya

4/28/2018


"Alfath.. untuk semua kebaikan yang kamu ajarkan ke Mama Papa selama empat tahun lebih ini, terima kasih ya Kak.."

Saya percaya bahwa setiap anak terlahir istimewa. Dengan kelebihan dan keunikan masing-masing. Saat kita merasa ada yang kurang dengan anak kita, percayalah itu karena kita kurang peka dan menyadari betapa banyaknya kelebihan yang mereka punya.

Kakak Alfath, begitulah saya dan suami memanggilnya dari semenjak masih saya kandung. Di usianya ke empat ini, kami sangat bangga padanya. Bukan untuk disombongkan ke hadapan orang banyak, tapi kami selalu mensyukuri hal-hal kecil perkembangan yang terjadi padanya. Apapun.

Semenjak mempunyai Alfath, pandangan saya akan anak-anak berubah seketika. Setiap anak menjadi sangat spesial bagi saya. Saat saya melihat buah hati orang lain, saya meyakini mereka adalah pribadi mungil dengan kelebihannya masing-masing. Mereka makhluk suci yang punya banyak kebahagiaan untuk dibagi, termasuk anak saya sendiri.


Alfath tumbuh sebagai anak yang periang, dan "bawel" nya sudah terlihat semenjak usianya menjelang satu tahun. Sekarang gimana? Wah jangan ditanya, makin baweeel, haha. Tapi jangan salah juga, mood-nya suka naik turun khasnya anak-anak.

Saya merasakan hikmah dari kebiasaan melibatkan Alfath di beberapa aktivitas saya, dia jadi tahu bahwa di luar rumah, banyak sosok dewasa lain yang bisa dia kenal, seperti di lingkungan kerja mamanya. Dan tentunya sosok anak kecil lain seusianya dia juga. Alfath jadi tahu deh konsep berteman.

Seiring waktu, sikap Alfath terhadap orang baru yang ditemuinya selalu mengalami perubahan. Dari yang datar aja, mulai ngasih senyum, mau diajak salaman (salim), hi-5, dan sebagainya.

Belakangan, Alfath mulai ada sikap "jaga diri" saat bertemu orang baru, saat dia merasa kurang nyaman, dia akan cenderung menjadi pendiam. Tapi, dibalik semua itu, dia akan berusaha menyapa orang dan mau membuka diri sampai akhirnya merasa "oh Tante dan Om ini baik kok, Kakak mau deh temenan dan main sama mereka", kalau udah gitu dipastikan bawelnya keluar lagi.

Alfath kecil, siapa saja didadahin, apalagi Pikachu kesukaannya :)))
Saya juga kaget waktu belakangan Alfath akhirnya mau diajakin syuting untuk salah satu iklan program anak di Kantor. Wah, keberanian yang saya dan Suami saya apresiasi sekali. Itu memang bukan syuting yang pertama kalinya untuk Alfath, tapi yang sebelum-sebelumnya selalu candid, dan baru pertama dilakukan dengan keadaan dia "sadar" karena memang situasinya sangat santai dan fun, yang paling penting Alfath suka dengan yang dilakukannya. Semua berkat support teman-teman saya yang sudah seperti Om Tantenya Alfath.

Saya selalu pastikan, apapun yang Alfath lakukan, dia harus happy dan tanpa paksaan. Biarin ngalir aja semau dia yang penting diarahkan. Setidaknya, saya selalu mencoba merangkai memori yang baik untuk menjadi bekal supaya Alfath tumbuh dengan jiwa positif, selain untuk Allfath kenang di kemudian hari.

Oh ya, ada yang lucu nih dengan kebiasaan baru Alfath kalau saya dan suami ajak dia makan di Restoran. Jadi ya, dia tuh suka nyapa-nyapa pengunjung lainnya di Restoran itu, saat kami lengah dikit, tahu-tahu Alfath ada di meja sebelah lagi nyapa-nyapa. Haha.


Kami tidak melarang, tapi juga tetap mengingatkan bahwa tidak di setiap situasi dan kondisi, Alfath bisa tiba-tiba mendatangi orang walaupun niatnya baik, untuk menyapa. Memang pada dasarnya Alfath ini suka banget ngobrol, jadi apapun harus dijelaskan secara verbal dengan detail sampai dia berhenti nanya lagi.

Mengapresiasi hal-hal sederhana yang dilakukan Alfath seperti halnya bersikap ramah terhadap orang lain, sudah menjadi kebiasaan saya dan suami dari dulu, kami selalu semangat dengan setiap perkembangannya Alfath. Terlebih, dengan terus memberikan apresiasi terhadap anak, saya yakin itu akan memupuk rasa percaya diri si anak itu sendiri untuk melakukan banyak hal positif lainnya, karena jiwa anak itu penuh rasa penasaran dan perlu support supaya anak bebas eksplor apapun yang dia ingin lakukan dan ingin tahu.

Dan sebagai hadiah kecil yang menggembirakan, saya selalu sedia juga soft cake coklat favorit keluarga seperti Lotte Choco Pie yang didalamnya terdapat marsmallow yang lembuuut banget. Tahu sendiri kan anak-anak yang sedang aktif-aktifnya pasti bawaannya pengen nyemil terus, makanya saya selalu stok Lotte Choco Pie ini sebagai teman beraktivitasnya Alfath.


Ohya, ngomong-ngomong soal hadiah, sebenarnya saya dan suami mempunyai salah satu keinginan yang cukup besar bagi kami, yaitu mengajak Alfath ke Negeri Sakura alias Jepang, karena ternyata Alfath mempunyai ketertarikan tersendiri dengan Jepang, awal ketahuannya waktu Alfath fokus banget setiap kali nonton tayangan berbahasa Jepang, lama-lama dia nyeletuk sendiri, "Mah, Kakak suka bahasa Jepang, Kakak mau ke Jepang", ya ampun Kaaak Amin ya semoga suatu saat keinginannya terkabul.

Sebagai usaha, saya ikutan vote video #PremiumMomentstogether di websitenya Lotte Choco Pie, karena kalau beruntung, saya bisa dapat hadiah grand prize ke Jepang, atau dapat hadiah keren lainnya. Waaah seru yaaaa. Kalian kalau mau ikutan masih bisa lho, ada tiga video yang bisa kalian pilih yang temanya kalian suka. Saya sudah vote yang temanya "Greeting" karena mengingatkan saya terhadap Alfath. Videonya seperti dibawah ini, lucu banget deh Q yang mau nyapa orang yang dia temui.


Jangan lupa ya kunjungi https://www.lottechocopieindonesia.com/activity cepetaaan karena lombanya hanya sampai 13 Mei 2018. Mumpung masih ada waktu, yuuk ikut berpartisipasi yuuuk.

#PremiumMomentstogether #LotteChocoPiePremiumMoments

With Love,
Mama Hani & Papa Randi

You Might Also Like

26 komentar

  1. Snacking favorit nih pake choco pie, sambil nemenin anak belajar atau ngobrol2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya jadi unik ya karena ada marshmallow di dalamnya :)

      Hapus
  2. Perkembangan anak memang harus sesuai dengan apa yg diinginkan anak, sebagai orangtua kita sebagai pengawas agar selalu dalam track yg benar..hadiah penting utk apresiasi kerja keras anak. Choco pie pilihan yg tepat utk nemani aktifitas anak, cemilan coklat kesukaan anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semogaaa bisa selalu peka terhadap apa yang anak2 ingin dan suka, supaya selalu bisa support dan mengarahkan mereka, juga mengapresiasi hal-hal baik yang mereka lakukan sekecil apapun itu :)

      Hapus
  3. Semoga akan lebih mandiri lagi ya abang, nanti
    jadi kakak buat adek kecilnya.. sebelum adek lahir liburan keluarha dulu ke jepang ya.. spy mommie happy.. siapa tahu bisa ketemu oty di jepang nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin Ya Rabb, makasih Onty cantik utk semua do'a2nyaaa..

      Hapus
  4. Ini little boy harus ngobrol ama aunty gita deh. Habis gemesin hahaha. Biarkan dia explore kemampuannya lewat apapun asal nyaman dan aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, harus Ontyyy, kapan2 ketemu Alfath yaaaa, kiss kiss

      Hapus
  5. Kakak alfath ganteng, seneng ya teh nyaksiin tumbuh kembang anak, bahagia banget rasanya. Akupun mau ke Japang smngt ikut ini mah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba Utie, lihat tumbuh kembangnya, lihat Alfath sehat, lihat dia eksplor banyak hal baru. Hal2 sederhana yg harus diAlhamdulillah-i banget. Yuuk ke Jepang yuuuk :))

      Hapus
  6. Apresiasi kepada anak emang penting ya mbalk, anak akan jd semangat melakukan yg terbaik. Alfath pinter udah sadar kamera, ntr shooting lg ya iklan kedua hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mba Apriiil, memupuk semangat dan rasa percaya diri anak ternyata bisa dari hal sederhana itu. Haha,semoga kalau dia diajak syuting lagi, moodnya lagi bagus :))

      Hapus
  7. Kk Alfath udah ganteng, pinteeer... Aku seneng banget sama anak2 yg bawel, apalagi suka ngisengin, eh haha, berasa muda terus jadinya.
    Anak2 juga suka chocopie enak lembut ada marshmallow nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah Mba Shine ngerti banget nih, jadi penasaran, kalau yg bawel itu emang selalu suka iseng kah? Ini anak kalau udah iseng, ampuuun, haha

      Hapus
  8. Sama mba Haaan, setelah punya anak sendiri sendiri pun aku melihat semua anak itu istimewa, spesial, gimanapun mereka.. :D Ihiiiy Alfath kece deh pas on cam, Tante Dita suka liat di Kids Channel.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, makasih Ontyyyyy. Anak-anak dimanapun memang spesial yaaa :)

      Hapus
  9. makin pinter nih yang mau jadi kakak. info positif gini menarik untuk di bagikan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin penuh tantangan ya pastinya Mamiiih :))

      Hapus
  10. Anak2 butuh perhatian dan kasih sayang orangtua bukan hanya materi tentunya ya. Sikap dan kebiasaan sehari2 turut mendukung kenerhasilan sang anak. Apalagi kalau telah melakukan sesuatu dengan baik lalu kita beri pujian. Anak akan merasa bangga dan diperhatikan. Plus dikasih makanan kesukaannya seperti Lotte Choco Pie ini. Mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget Mbaa, materi bukan segalanya, walau mereka selalu happy dikasih mainan yang dimau, tapi banyak hal lain yang mereka butuhkan, kehadiran orangtua dan apresiasi salah duanya ya :)

      Hapus
  11. Waah Alfath bakal jadi artis niih.
    .udah ikutan syutiing

    BalasHapus
  12. setuju banget klo kita harus mengapresiasi anak, jadi inget tetangga selalu berkata negatif ujung-ujungnya setelah dewasa anaknya ga dekat sama ibuknya

    BalasHapus
  13. Ikut mbaa milih lottenya. Sama saya juga suka yg greeting. Sapa tau menang, bisa jalan2 deh sama alfath

    BalasHapus
  14. Kakak Alfath sudah besar ya...kompak nih keluarga, liat ini jadi inget waktu anak² msh kecil, lagi lucu² nya

    BalasHapus
  15. Imut banget ya Alfath. Anakku yg kecil suka bgt lotte chocho pie.Rela nungguin bpknya pulang kerja dan minta langsung dibeliin kue tsb

    BalasHapus

Selamat datang di Rumah Hani dan Randi, ada Alfath juga lho sekarang. Silahkan menikmati rumah kami, dan jangan lupa meninggalkan jejak yaa.. Terimakasih :))

Followers

Follow Me

Like us on Facebook

Subscribe