Film My Generation, Gambaran Kehidupan Remaja Millenials

10/26/2017


Bicara Parenting memang selalu menarik, ada aja yang dibahas, terutama mengenai perkembangan yang terjadi dari masa ke masa.  Sebagai Orangtua, banyak sekali hal yang harus saya dan Randi pelajari, terutama tentang karakter. Anak kami, Alfath yang usianya baru 3,5 tahun udah bisa banget adu argumen, apalagi nanti ya kalau dia sudah remaja. Tantangan di depan sana semoga gak akan terlalu "berat" untuk dihadapi, emang harus belajar lebih peka dari sekarang nih mumpung Alfath masih kecil. Dan ngomong-ngomong tentang remaja yang penuh problematika, saya jadi teringat satu Film keren yang akan segera tayang.

IFI Sinema yang kembali menggandeng Upi sebagai Sutradara, menghadirkan film terbarunya yang dengan genre drama remaja yang sepertinya pas sekali untuk ditonton tidak hanya oleh para remaja, tapi juga Orangtua. Film ini mengangkat problematika remaja millenials dan akan tayang tanggal 9 Nopember 2017 ini di Bioskop-bioskop kesayangan kita semua.

Berbeda dari film-filmnya Upi sebelumnya yang selalu menghadirkan Aktor dan Aktris ternama, kali ini Upi memberikan penyegaran dengan empat wajah baru yang kemampuan actingnya tidak kalah dengan para Aktor Senior, yaitu Bryan Langelo, Arya Vasco, Alexandra Kosasie dan Lutesha yang hadir menyemarakkan Industri Perfilman Tanah Air dengan menjadi empat tokoh utama di Film My Generation.


Tentu menjadi langkah yang sangat berani ya, tapi menurut Produser IFI Sinema yaitu Adi Sumarjono, keyakinan untuk menonjolkan pemain-pemain baru ini selain untuk mengangkat talent-talent yang fresh, juga diharapkan akan meregenerasi Aktor dan Aktris Senior dengan pemain muda yang kemampuan aktingnya gak kalah bagus.

Selain mereka, tetap tampil wajah-wajah yang pasti sudah familiar seperti Tyo Pakusadewo, Ira Wibowo, Surya Saputra, Joko Anwar, Indah Kalalo, Karina Suwandhi dan Aida Nurmala.

Saya sangat semangat menanti hadirnya film My Generation ini karena akan menggambarkan tentang bergesernya gaya hidup modern yang terjadi karena era digital yang akhirnya melahirkan generasi Z atau Millenials, dengan berbagai konflik didalamnya. Saya menyadari hal itu akan menjadi gambaran masa depan yang bisa saja terjadi pada siapapun.

Yang unik, film My Generation ini sudah menuai pro dan kontra padahal belum ditayangkan. Bukti perhatian masyarakat terhadap karya dari para Cineas Indonesia dan ada ketakutan film ini akan berdampak negatif kepada Masyarakat luas terutama terhadap para remaja di Indonesia. Saya dan Randi termasuk yang pilih-pilih juga kalau mau nonton film apapun, dan alasan mengapa film My Generation ini salah satu film yang ingin kami tonton di awal Nopember mendatang adalah karena kami cenderung membiasakan untuk berpikiran terbuka terhadap segala hal, terutama tentang Parenting di era sekarang. Kami menyadari akan banyak perbedaan di masa remajanya Alfath dengan masa remaja saya dan Randi, dengan semakin berkembangnya teknologi yang menciptakan kemudahan-kemudahan, dengan semakin kritisnya cara berpikir anak, pergaulan dan kebiasaan seperti apa yang banyak dihadapi para remaja sekarang akan menjadi gambaran dan masukan tersendiri bagi kami supaya tidak sampai "kecolongan" di kemudian hari. Karena sebagai orangtua, kita gak akan selalu tau dengan siapa anak-anak kita bergaul, gak akan setiap detik kita berada dekat dengan mereka, kedekatan seperti sahabat antar orangtua dan anak sangat penting untuk menciptakan sebuah ruang keterbukaan. Suatu saat, anak saya pun akan mempunyai "dunia"nya sendiri yang bisa jadi susah terjamah oleh saya dan suami, karena itu sebisa mungkin kami akan terus mencari tau perkembangan apa saja yang tengah terjadi dari waktu ke waktu.

Kami memilih untuk mengawal anak kami dengan menjadi bagian dari apa yang akan dia hadapi di masa depan, Memilih untuk tidak menutup diri supaya terbangun bonding dan kepekaan dengan sudut pandang yang setidaknya tidak jomplang antara kami dan anak-anak kami.

My Generation memberikan contoh-contoh real yang harusnya bisa membuka mata para orangtua bahwa mereka butuh sosok sahabat, bukan sekedar orangtua dengan segudang peraturannya. Saya dan Randi berusaha untuk selalu menjadi Sahabat bagi Alfath dengan ikut menyelami dunia yang dia jalani. Menjadi bagian dari apa yang dijalani seorang anak, tentu akan semakin mempermudah Orangtua mengetahui apa yang menjadi mimpi mereka dan bagaimana cara kita untuk bantu mewujudkannya, tentu selama semua positif dan tidak merugikan pihak manapun.

Memberikan pengertian untuk tidak melakukan suatu hal tidak selalu harus dengan berkata "jangan" kan ya, saya pribadi berharap film ini bisa memberikan masukan positif bagi semua pihak yang menonton, tentang "gini lhoo yang ada di hati dan pikiran kebanyaka remaja sekarang, kita sebagai orangtua harus lebih waspada dan lebih luwes menghadapi mereka generasi penerus".

Sekilas Sinopsis Film My Generation
Film ini menceritakan persahabatan antara empat anak SMU yang bernama Zeke, Konji, Suki, dan Orly yang merencanakan liburan bareng. Tapi sayangnya, rencana itu kandas gara-gara video yang mereka bikin menjadi viral di Sekolah.

Usut punya usut, konten dari video tersebut adalah tentang protes mereka terhadap Guru, Sekolah dan juga Orangtua mereka, yang akhirnya menyebabkan mereka dihukim gak boleh pergi liburan.


Ternyataaa, hukuman gak bikin mereka kapok dan pasrah gitu aja. Pantang bagi empat sekawan ini membuat orang-orang yang menghukum mereka merasa puas. Dengan jiwa bebas mereka akhirnya malah menemukan kejadian-kejadian yang penuh petualangan.

Petualangan itulah yang pada akhirnya memberikan mereka banyak pelajaran yang sangat berarti dalam kehidupan. Empat sahabat dengan empat karakter yang berbeda, dan konflik masing-masing, akan membyat para Penonton terbawa ke masa lalu, dan mungkin akan mengalami "dejavu". Dan tentu saja, bagi Para remaja yang menonton, akan merasakan kalau film ini seolah menceritakan kehidupan mereka dalam kehidupan nyata.

Tambah penasaran nih pengen nonton, apalagi karena Mas Surya Saputra ada di film ini, kagum banget dengan kemampuan aktingnya.

Papa Alfaaath, nanti ajakin nonton Film My Generation ya tanggal 9 November nantiiiii.





You Might Also Like

0 komentar

Selamat datang di Rumah Hani dan Randi, ada Alfath juga lho sekarang. Silahkan menikmati rumah kami, dan jangan lupa meninggalkan jejak yaa.. Terimakasih :))

Followers

Follow Me

Like us on Facebook

Subscribe