Tangani Alergi Anak Dengan Cara Yang Tepat Demi Masa Depan Mereka

8/30/2017


Di usianya yang baru beberapa jam, anak saya Alfath (saat ini 3y6m) dinyatakan punya alergi, saya gak begitu kaget mengingat saya memang ada riwayat alergi. Namun tetap saja saya khawatir.

Saat dilakukan proses eliminasi terhadap beberapa makanan pemicu alergi, ternyata Alfath saat itu gak bisa mengkonsumsi dairy food atau olahan makanan yang mengandung susu sapi.

Tapi gimana caranya bisa ketahuan, kan bayi belum boleh dan bisa makan/minum selain ASI?

Saat itu Alfath minum ASI yang "terpapar" dairy food yang saya konsumsi. Kemudian saya coba satu persatu makanan yang disiapkan oleh pihak Rumah Sakit seperti telor, kacang, susu sapi, dan cokelat yang sengaja beli sendiri. Sengaja gak dimakan sekaligus supaya dapat ketahuan alergennya apa. 

Namanya baru lahiran ya, apalagi saya sampai harus induksi tiga kali waktu itu hingga lahiran normal, tenaga saya cukup terkuras karena hampir 24 jam gak tidur. Akhirnya setelah tenaga saya pulih, rasanya saya lapar terus, apa aja yang enak-enak pengen saya lahap.

Banyak tamu yang nengok juga bawain makanan-makanan enak seperti roti, kue, martabak, dan lainnya yang rata-rata mengandung susu sapi dan turunannya. Kulit Alfath yang masih merah, semakin merah di sekujur tubuhnya.

Merah alergi beda dengan merah bayi pada umumnya. Awalnya ada yang bilang "mungkin karena Alfath kelak kulitnya akan putih seperti Mamanya makanya merah gini", tapi beda lho kalau alergi, feeling saya kuat makanya saya langsung konsuktasi ke DSA.

Alfath usia 5 hari, kulit wajahnya merah-merah karena alergi.
Semenjak itu, PR saya untuk menghindari makanan yang mengandung susu sapi dimulai.  Susah bukan main harus nahan makanan enak depan mata, sementara perut saya lapar terus karena Alfath ngASI-nya kuat.

Alhamdulillah dokter bantu saya memilih menu yang aman, kalau memang sedang ingin makan kue, saya ganti jadi kue basah. Saya juga banyakin makan buah, dan vitamin dari dokter walau gak rutin karena kondisi saya yang masih kebingungan sebagai Ibu baru. Tapi itu gak lama karena saya dibantu oleh Mama dan Uwa saya dalam perawatan Alfath sehingga saya jadi punya waktu untuk mencari ilmu sebanyak-banyaknya tentang alergi terutama alergi anak.

Saya khawatir, karena salah satu dokter sempat bilang kalau anak yang punya alergi, berat badannya akan sedikit terhambat dari anak lainnya yang gak punya alergi, dan itu benar terjadi, Alfath tidak segemuk anak seusianya. Tapi concern saya dan suami bukan ke "Alfath harus gemuk" melainkan kami harus benar dalam pemberian nutrisi ke Alfath supaya dia sehat dan gak gampang sakit. Luar biasa perjuangannya, tapi kami bersyukur dengan hasilnya, semakin lama Alfath sudah semakin bisa mengkonsumsi dairy food.

Pentingnya Nutrisi yang tepat bagi si kecil.
Nutrisi yang tepat sangat berperan penting untuk memperkuat sistem imun tubuh anak-anak kita terutama untuk mengurangi terjadinya alergi dan infeksi. Dan itu akan membantu pembentukan dan perkembangan kesehatannya di masa depan supaya lebih optimal.

Dan bicara tentang nutrisi, Alfath ngASI sampai usianya hampir tiga tahun, tadinya sih pengen sampai usia dia dua tahun aja, tapi ternyata proses WWL tidak semudah itu, huhu. Tapi walaupun membutuhkan waktu lebih lama dari seharusnya, saya sangat bersyukur saat ini Alfath sudah tidak ada keinginan "ngempeng" dari sumber ASI lagi. Tapi, setelah lepas dari ASI, Alfath memang tidak terbiasa untuk minum susu formula.

(Alfath 3.5 tahun) Alhamdulillah makannya ngga milih-milih dan  menunya semakin beragam.
Bukan karena saya tidak memberikan Sufor ke Alfath, wah kalau ada teman yang mampir ke rumah, pasti tau seberapa banyak boks susu yang numpuk karena Alfath ogah minum Susu Soya ataupun Sufor yang ada kandungan susu sapinya, akhirnya saya kirim boks susu tersebut ke saudara-saudaranya Alfath yang usianya gak beda jauh. Sepertinya Alfath memang belum terbiasa dengan susu lain selain ASI.

Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi pengganti sufor, saya memang harus "bermain" dengan menu-menu makan. Selalu mengusahakan sayuran berwarna-warni, ikan (terutama salmon), kacang-kacangan, daging-dagingan, dan lainnya. Alfath bukan termasuk yang picky kalau soal makan, selamaaa mood-nya terjaga, kalau lagi badmood jangan coba-coba deh nyuruh dia makan, bisa dimanyunin tuh makanan walaupun makanan kesukaan dia sekalipun, haha, bocah yaaa.

Naah, balik lagi ke Sufor, sebenarnya saya pengen nih coba lagi kasih dia Sufor yang sesuai dengan kondisinya, syukur-syukur bisa bantu boost berat-badannya. Sekali lagi, saya dan suami tidak mengharuskan Alfath gemuk sampai kayak roti sobek persis waktu dia baru lahir hingga usia setahunan, tapi kami memang mengharapkan berat badannya terjaga gak sampai minus dan apalagi ganggu tumbuh kembangnya. Duh, jangan sampai ya.

Special Day For Royal Mom
Event-event yang bertemakan dengan alergi anak selalu menyita perhatian saya, salah satunya adalah Event yang diadakan oleh Nutrilon Royal, Special Day For Royal Mom - Allergy Sharing Session "Jangan biarkan alergi menghalangi kesuksesan si kecil" pada tangal 27Agustus 2017 kemarin. Sayangnya di saat yang sama saya berhalangan hadir, tapi syukurlah Nutrilon berbaik hati mau menyiarkan Live acara tersebut di Fanpage Nutriclub Indonesia.


Walaupun nonton live-nya aja tapi berasa banget antusiasnya karena disana ada beberapa Agenda yang semuanya seru dan syarat akan ilmu, seperti Royal Cooking Competition, Demo masak dan sharing session bersama dokter DR. Dr. Zakiudin Munasir, SpA (K). Live berlangsung secara interaktive jadi kita bisa ikut nanya-nanya juga seputar alergi anak ke dokter Zaki.

Dari semua penjelasan Beliau, ada yang sangat melekat di ingatan saya, dan ini bukan pertama kali saya dengar sebenarnya, tapi kali ini saya kembali diingatkan bahwa Alergi yang terjadi pada anak, semakin usianya bertambah maka alerginya akan hilang. Tapi kita ngga lantas boleh nunggu sampai alerginya ilang dan seenaknya ngasih asupan ke anak kita tanpa dipilih dan pilah, kasian ke anaknya. Karena, semakin dibiarkan maka alergi tersebut ada potensi ke alergi-alergi lain yang bahkan akan membahayakan seperti asma, eksim, dan lain lain.

Seru Live Interactive Para Mommies bersama DR. Dr. Zaki.
Para Mommies yang mempunyai anak alergi seperti saya pasti akan mengalami moment kebingungan memberikan asupan apa aja sementara yang bisa kita berikan ke anak kita masih terbatas. Mau kasih tambahan formula susu sapi jelas belum bisa, dan saat saya coba kasih susu Soya dari berbagai merek, sayangnya Alfath gak begitu doyan. Huhu, sedih Moms.

Makanya saya happy banget waktu tahu tentang Nutrilon Royal Soya yang memang diperuntukan bagi anak dengan alergi susu sapi dengan formula khusus yang bisa bantu kemampuan berfikir dan ketahanan tubuh si kecil. Selain itu, Nutrilon Royal Soya sudah ada lebih dari 25 tahun dan dia merupakan susu yang mengandung soya pertama di Indonesia. Ohya satu lagi, Nutrilon Royal Soya merupakan brand nomor satu yang direkomendasikan oleh Expert.

Nutrilon Royal soya memberikan dukungannya secara penuh khususnya kepada para Mommies seperti saya untuk terus memberikan asupan Nutrisi yang baik kepada si kecil yang mempunyai alergi susu sapi. Moms, kita bisa gabung di Nutriclub Allergy Expert karena disana menyediakan informasi lengkap seputar alergi lho, Nutrilon Royal ngasih produk dan layanan yang selangkah lebih maju.


Ohya, dalam sesi Royal Cooking Competition, Chef Deny yang didampingi MC Jessica Williams juga mendemokan masakan bernutrisi yang dibuat dengan penuh cinta khusus untuk anak yang mempunyai alergi susu sapi. Masakan yang dibuat sangat spesial karena menggunakan produk Nutrilon Royal Soya. Wah, jadi pengen bikin di rumah juga buat Alfath.

Berikan Susu Soya kepada anak yang alergi susu sapi, jangan susu kedelai.
Dokter Zaki mengatakan betapa banyak anak Indonesia yang alergi susu sapi, namun bukan berarti mereka sama sekali tidak mengkonsumsi susu. Tau sendiri kan kalau Susu itu mengandung banyak sekali nutrisi baik yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

Susu sapi bisa kita ganti dengan susu kedelai, tapiiiiii yang harus diingat adalah jangan memberikan susu kedelai murni seperti yang banyak dijual di Stasiun-stasiun atau di tempat umum lainnya itu ya Moms. Karena, susu kedelai murni mengandung alumunium, isoflavon, dan fitoestrogen yang bisa menyebabkan hormon kewanitaan anak kita menjadi lebih dominan, wah kan gawat kalau anak kita laki-laki.

Susu kedelai murni bisa kita hindari dan ganti dengan susu soya yang hanya mengambil isolat protein kedelai, dan juga difortifikasi dengan mineral dan asam amino yang menjadikannya sebanding manfaatnya dengan susu sapi. Alternatif terbaik ya Moms.

Jadi, sebagai Mommy yang mempunyai jagoan kecil yang punya alergi susu sapi, ada beberapa hal yang harus saya perhatikan, yaitu :

  1. Nutrisi yang tepat untuk Alfath
  2. Mengenal mitos dan fakta seputar formula soya
  3. Formula Soya sebagai solusi untuk Alfath yang alergi susu sapi

Alfath ingin terbang ke Bulan katanya, hihi. Insya Allah ya Kak, belajar yang banyak.
Waah, Alhamdulillah saya jadi semakin lega, dari awal saya tidak pernah pesimis walaupun anak saya banyak yang komentari lebih kurus dari anak seusianya lah, atau seperti susah gemuk, dan lain sebagainya. Karena saya melihat perkembangan Alfath semakin lama semakin baik, kecerdasannya semakin pesat, begitupun dengan keaktifan dan rasa ingin tahunya yang semakin membuncah.

Saya yakin, alergi susu sapi yang dialami Alfath tidak akan mengganggu prestasinya di masa depan, saya bertekad menjadi Ibu yang tidak cepat menyerah dalam mencari ilmu dan informasi seputar alergi susu sapi pada anak, dan tentu saja selalu membuka diri melakukan sharing dengan para Mommies lainnya yang mempunyai permasalahan yang sama.

Moms, alergi bukanlah penyakit, karena itu kita harus optimis demi anak-anak kita dan masa depan mereka. Semangat yaaaa karena kita punya Sahabat sejati yaitu Nutrilon Royal Soya. Yeayy!.

Huaaa.. Jadi makin gak sabar pengen kasih Alfath Nutrilon Royal Soya nih.

You Might Also Like

4 komentar

  1. sebenarnya kasian ya mbak untuk anak yg alergi susu sapi, banyak makanan lezat kaya cake itu tapi mengandung susu sapi, gak dikasih nanti ngiler, dikasih nanti berefek ruam, tapi semoga semakin besar semakin toleransi terhadap alerginya, biar tetap bisa makan enak seperti masakan yg dibuat chef Deny ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin, makasih do'anya Onti Lia, sekarang Alhamdulillah udah mulai beragam menunya, yang penting memang penanganan sedini mungkin dan harus tepat.

      PR Mamanya ya untuk memperbanyak ilmu ttg alergi anak juga :))

      Hapus
  2. agak repot ya klo punya anak alergi susu sapi, semoga alfath semakin besar bisa hilang ya alerginya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiiin, makasih Onti Nike do'anya utk Alfath.

      Insya Allah makin besar makin hilang yaa alerginya :*

      Hapus

Selamat datang di Rumah Hani dan Randi, ada Alfath juga lho sekarang. Silahkan menikmati rumah kami, dan jangan lupa meninggalkan jejak yaa.. Terimakasih :))

Followers

Follow Me

Like us on Facebook

Subscribe